Sabtu, 31 Oktober 2009

Indonesia Futsal League 2009 Siap Bergulir


kickofflfl.gif Untuk ketiga kalinya Badan Futsal Nasional Indonesia (BFNI) akan menggelar Liga Futsal Nasional (LFN), atau dikenal juga dengan sebutan Indonesia Futsal League (IFL). Diselenggarakan dalam enam putaran, sejak April, laga puncak IFL 2009 ini diharapkan sudah bisa dilaksanakan pada Agustus 2009.

Wakil Ketua BFNI Yerico Y Umbas mengemukakan, enam putaran babak penyisihan berturut-turut akan digelar di Jakarta, Surabaya, Yogyakarta, Solo, Bandung dan Jakarta lagi.

"Kita harapkan final-four akan digelar kembali di Jakarta, pada pertengahan Agustus," jelas Yerico Y Umbas, yang didampingi Direktur Kompetisi BFNI Ricky Johannes, Selasa (17/2) di Galaxy Futsal, Ancol.

Pelaksanaan Liga Futsal Nasional (LFN) tahun 2009 ini merupakan yang ketiga kalinya setelah di tahun 2006-2007, yang diikuti oleh 6 peserta. Yakni, Biangbola, Electric PLN, Mastran, Cosmo, Swap dan Produta. Pada LFN pertama ini, gelar juara direbut oleh tim Biangbola.

Pada LFN II, tahun 2008, peserta bertambah menjadi tujuh tim, yakni Electric PLN, Biangbola, Pelindo II, Swap, My Futsal, Mastran dan Dupiad Fakfak. Gelar juara direbut oleh tim Electric PLN.

Menurut Ricky Johannes, peserta IFL III tahun 2009 kemungkinan besar bertambah lagi menjadi sepuluh tim. Tiga tim yang baru bergabung adalah Hanggar IBM Futsal, AMFC V-Sports, dan tim futsal Persita Tangerang.

"Kita harapkan partisipasi mereka tidak tertunda," jelas RJ, sapaan akrab Ricky Johannes.

Selain berharap peningkatan jumlah peserta dan putaran yang digelar, IFL 2009 juga diharapkan bias menampilkan persaingan yang lebih ketat dan merata dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Tahun lalu, kekuatan Electric PLN Yogyakarta dengan mayoritas dihuni pemain timnas terasa sangat dominan dan akhirnya tampil sebagai juara.

Tahun ini, menurut keterangan Yerico Umbas, persaingan tampaknya akan lebih ketat dan merata mengingat beberapa pemain timnas yang tadinya menumpuk di Electric PLN akan tersebar di beberapa klub lain. Sebut saja, Sayan Karmadi, dan kiper Yos Adi Wicaksono, yang akan memperkuat klub baru Hanggar IBM yang sebelumnya memperkuat tim juara bertahan Electric PLN.

Dengan kualitas kompetisi yang makin ketat dan kekuatan yang merata diantara klub peserta diharapkan hadirnya tontonan yang lebih menarik dan munculnya pemain-pemain yang berkualitas untuk timnas Indonesia.

"Peningkatan kualitas dan sekaligus kuantitas peserta memang menjadi target utama dari dalam setiap pergelaran IFL," jelas Yerico Umbas.

Tahun ini, timnas futsal Indonesia akan tampil di ajang Asian Indoor Games di Vietnam, Oktober 2009 dan Kualifikasi Piala Asia 2009 pada November 2009. Selain itu klub juara IFL 2009 juga akan mewakili Indonesia di ajang Liga Champions Futsal Asia antar klub tahun 2010.

BFNI, dalam hal ini panpel IFL 2009, memberitahukan dan mengundang klub-klub peserta IFL 2009 untuk segera mendaftarkan timnya mulai Selasa (17/2) hingga paling lambat 31 Maret 2009. Untuk biaya registrasi, tim peserta IFL sebelumnya dikenakan biaya sebesar Rp. 30 juta (dapat diangsur dan harus dilunasi per 31 Maret 2009). Sedangkan tim yang baru bergabung di kompetisi IFL 2009 dikenakan biaya registrasi sebesar Rp. 60 juta (dapat diangsur dan harus dilunasi per 31 Maret 2009). Pendaftaran bisa segera dilakukan dengan menghubungi panpel IFL 2009, saudara Wawan, di nomor 08129667950 dan 021-99749567. (asp).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar