Kamis, 05 November 2009

MODUL 5 : MENGOPERASIKAN PERANGKAT LUNAK LEMBAR SEBAR


1.5. Cek Kemampuan
Apabila anda dapat menjawab seluruh soal dibawah ini, anda disilakan untuk langsung mengambil Unit Kompetensi TIK.OP02.006.01 Mengoperasikan penelusur web

1.5.1. Soal Teori

1. Yang manakah dibawah ini yang bukan merupakan perangkat lunak pengolah angka (lembar sebar)
A. Lotus 123
B. Microsoft Excel
C. Open Office.org Calc
D. Microsoft Outlook
E. Microsfot

2. Tombol untuk mengabsolutkan cell (mengabsolutkan rumus) :
A. F1
B. F2
C. F3
D. F4

3. Tombol untuk menghapus isi sebuah cell:
A. delete
B. backspace
C. insert
D. esc

4. Fungsi dibawah ini yang bekerja untuk menjumlah adalah
A. sum
B. average
C. max
D. min

5. Langkah-langkah menyalin sebuah sel yang benar ialah :
A. Kilk sel sumber  Ctr+C  Klik sel tujuan  Ctr+V
B. Kilk sel sumber  Ctr+A  Klik sel tujuan  Ctr+P
C. Kilk sel sumber  Ctr+V  Klik sel tujuan  Ctr+C
D. Kilk sel sumber  Ctr+D  Klik sel tujuan  Ctr+V




1.5.2. Soal Praktek
1. Lakukan langkah – langkah untuk menjalankan perangkat lunak lembar sebar dengan sistem operasi windows!.
2. Lakukan langkah penyimpanan file di disket dengan nama latmodul5.
3. Aturlah data yang ada dengan huruf jenis Times New Roman, size : 20, style: Bold, dengan warna Pink.
4. Buatlah format angka menjadi format uang dengan menambah Rp. depan angka, dan dibelakang angka di tambah dua digit 00 yang menandakan rupiah.
5. Buatlah nomor urut dari 1 s.d. 100 secara otomatis, menggunakan mouse.



























2.1. Tujuan
Setelah menyelesaikan kegiatan belajar ini, peserta didik dapat :
a. Menjelaskan dan mempersiapkan perangkat lunak lembar sebar yang digunakan untuk mengolah angka.
b. Dapat menyalakan komputer sesuai dengan sistem operasi yang ada
c. Mengetahui perangkat lunak lembar sebar sudah terinstalasi/belum
d. Menjalankan perangkat lunak lembar sebar


2.2. Mempersiapkan Perangkat Lunak Lembar Sebar
2.2.1. Pengecekan Perangkat Lunak Lembar Sebar
Sebelum mulai bekerja dengan buku kerja langkah pertama yaitu mengecek apakah di komputer kita sudah terinstal perangkat lunak lembar sebar atau belum. Bila sudah bisa melanjutkan kelangkah berikutnya, dan jika belum harus dilakukan penginstalan dulu perangkat lunak lembar sebar.
Pengecekan dilakukan dengan cara melihat di layar monitor jika terdapat simbol Microsoft Excel untuk sistem operasi windows berarti perangkat lunak sudah terinstall. Jika dilayar monitor tidak tampil langkah berikutnya dengan meng-klik Start pilih program cari simbol Microsoft Excel.


2.2.2. Petunjuk Penggunaan Perangkat Lembar Sebar
Penggunaan perangkat lunak lembar sebar dengan mengacu pada kegiatan belajar yang ada pada modul 5 , Mengoperasikan Perangkat Lunak Lembar Sebar.


2.2.3. Perangkat Komputer sudah dinyalakan sesuai dengan sistem operasi
Agar bisa menggunakan perangkat lunak lembar sebar, perangkat komputer yang digunakan harus dapat berjalan normal seuai dengan sistem operasi yang terinstall dan perangkat lunak lembar sebar sudah terinstall dengan baik, jika belum bisa menghubungi teknisi komputer untuk menginstalkan perangkat lunak lembar sebar yang diinginkan.


2.2.4. Menjalankan Perangkat Lunak Lembar Sebar
Berikut ini ditampilkan dua cara memulai operasi lembar sebar yang sering digunakan :
- Pertama menggunakan sistem operasi windows lembar sebar yang digunakan Microsoft Excel.
- Kedua menggunakan sistim operasi linux lembar sebar yang digunakan open office Calc

Cara menjalankan lembar sebar adalah:

Sistem operasi Windows Sistim operasi Linux
1. Klik Start
1. Klik Program
2. Klik Microsoft Excel 1. Klik Main Menu / K Menu
2. Klik OpenOffice.org
3. Klik OpenOffice Calc



Gambar 2.1 Menjalankan lembar sebar


Jendela Aplikasi Excel atau OpenOffice Calc akan terbuka, seperti berikut :














2.3. Rangkuman Kegiatan Belajar 1
Untuk dapat menggunakan perangkat lunak lembar sebar ada hal yang harus kita kerja meliputi :
a. Mengecek perangkat lunak lembar sebar apakah sudah terinstal atau belum
b. Memiliki petunjuk penggunaan perangkat lunak lembar sebar yang dipahami
c. Memiliki perangkat komputer dengan sistem operasi yang dapat berjalan normal dan sudah terinstalasi perangkat lunak lembar sebar
d. Menjalankan perangkat lunak lembar sebar sesuai dengan petunjuk yang ada

2.4. Tugas Kegiatan Belajar 1
Carilah data tentang jenis-jenis perangkat lunak lembar sebar yang ada dengan berbagai sistem baik yang free ware maupun licenci


2.5. Test Formatif Kegiatan Belajar 1

2.5.1. Teori

1. Simbol disamping merupakan simbol dari perangkat lunak lembar sebar ....................
A. Microsoft Excel
B. Open Office Calc
C. Open Office Lembar sebar
D. Microsoft Acces
E. Microsoft Word

2. Menjalankan perangkat lunak lembar sebar di sistem operasi windows dengan cara mengklik Start pilih program kemudian pilih .............................
A. Microsoft Excel
B. Open Office Calc
C. Open Office Lembar sebar
D. Microsoft Acces
E. Microsoft Word

3. Menjalankan perangkat lunak lembar sebar di sistem operasi linux dengan cara mengklik Main menu pilih OpenOffice.org kemudian pilih .............................
A. Microsoft Excel
B. OpenOffice Calc
C. Open Office Lembar sebar
D. Microsoft Acces
E. Microsoft Word


2.5.2. Praktek
Lakukan pengecekan terhadap komputer apakah sudah terpasang perangkat lunak lembar sebar atau belum, jika sudah jalankan perangkat lunak lembar sebar tersebut sesuai dengan sistem operasi komputer.




3.1. Tujuan
Setelah menyelesaikan kegiatan belajar ini, peserta didik dapat :
1) Menjelaskan menu-menu yang terdapat dalam perangkat lunak lembar sebar
2) Mengelola dokumen seperti membuat, menyimpan, membuka dan menyimpan dengan nama lain.
3) Menyimpan dokumen dengan berbagai format type data yang ada.

3.2. Mengenali menu, membuat, membuka dan menyimpan file.
3.2.1. Mengenal Bagian-bagian Lembar sebar
Untuk OpenOffice.org Calc dari linux memiliki bagian-bagian yang persis sama dengan Excel.



Gambar 3.1 Bagian-bagian lembar sebar


Ketika Microsoft Excel atau OpenOffice Calc diaktifkan maka sebuah buku kerja (workbook) kosong akan terbuka, siap untuk digunakan. Buku kerja baru tersebut terdiri dari 3 lembar kerja (Sheet) yang diwakili melalui tab lembar kerja (tab sheet) yang terletak di jendela aplikasi paling bawah. Jumlah Sheet dalam tiap workbook dalam ditambah atau dikurangi sesuai dengan kebutuhan. Tiap lembar kerja dalam buku kerja, terdiri dari 256 kolom dan 65536 baris.
Kolom diwakili oleh huruf, A, B, C,D ……, sedangkan baris diwakili oleh angka 1, 2, 3,…. Sampai 65536. perpotongan antara baris dan kolom disebut Cell. Cell diberi nama menurut posisi kolom dan baris pada lokasinya. Contohnya Cell C5 adalah perpotongan antara kolom C dan baris 5. Agar kita dapat bekerja dengan Lembar sebar dengan lebih efektif, maka kita harus mengerti terlebih dahulu tentang konsep yang digunakan dalam lembar sebar yaitu: Konsep WORKBOOK. Workbook merupakan kumpulan dari sheet sedangkan lembar kerja yang terdapat dalam sheet disebut worksheet.
Biar lebih mudah dalam pemahaman, bayangkan saja Workbook itu sebuah buku tulis, dimana setiap buku terdiri dari beberapa halaman untuk menulis. Kita dapat menulis dihalaman 1 ( sheet 1 ), halaman 5 ( sheet 5 ), halaman 10 ( sheet 10 ) dan seterusnya. Bukunya disebut Workbook dan halaman - halamannyanya disebut Sheet, dan halaman tempat menulis disebut dengan Worksheet.

3.2.2. Membuat Buku Kerja Baru
Apabila ingin membuat buku kerja (file) yang baru yang masih kosong, dapat dilakukan dengan:
1) Klik menu File
2) Pilih New (Ctrl + N)

Apabila memerlukan lembar kerja yang baru pada buku kerja yang sedang digunakan, cukup dilakukan dengan cara memilih tabulasi sheet yang terletak dibawah lembar kerja, yang nama nya Sheet 1, Sheet 2, Sheet 3, dst.


3.2.3. Menyimpan Buku Kerja
Agar data yang sudah dibuat di buku kerja dapat dibuka lagi dilain waktu harus dilakukan penyimpanan buku kerja.
Langkah penyimpanan buku kerja adalah sebagai berikut:
1) Klik menu File, pilih Save atau tekan Ctrl + S, bisa juga dengan klik gambar disket yang ada pada toolbars standard, hingga tampil kotak dialog Save As



Gambar 3.3. Kotak dialog menyimpan Buku Kerja

3.2.4. Membuka Buku Kerja yang Pernah Disimpan
File buku kerja yang telah tersimpan dapat dibuka dengan cara:
1). Klik menu File, pilih Open atau tekan Ctrl + O , hingga tampil kotak dialog open seperti dibawah ini :


Menutup Lembar Sebar
Untuk menutup lembar sebar








3.2.5. Menutup Buku Kerja
Untuk menutup Buku Kerja ada dua cara :

Cara pertama :
1. Klik tombol close Window yang terdapat disudut kanan atas jendela lembar sebar tersebut.
2. Klik yes jika ingin menyimpan dokumen dan klik no jika tidak ingin menyimpan.




Gambar 3.5a. Menutup Buku kerja lewat tombol

Cara kedua :
1. Klik menu File
2. Klik Close, maka akan muncul pertanyaan apakah file akan disimpan sebelum ditutup.
3. klik yes jika ingin menyimpan dokumen dan klik no jika tidak ingin menyimpan dokumen.


Gambar 3.5.b. Menutup Buku kerja lewat Menu

Gambar 3.5. Menutup Buku Kerja

3.2.6. Keluar dari Lembar Sebar
Untuk mengakhiri bekerja dengan lembar sebar ada dua cara :
Cara Pertama:
1. klik menu File, kemudian klik Exit ;





Gambar 3.6a. Keluar dari Lembar Sebar Gambar 3.6b. Keluar dari Lembar Sebar Menggunakan Menu Menggunakan Tombol

3.3. Rangkuman Kegiatan Belajar 2
Setelah perangkat lunak lembar sebar dijalankan tampil Buku kerja baru yang terdiri dari 3 lembar kerja (Sheet) yang diwakili melalui tab lembar kerja (tab sheet) yang terletak di jendela aplikasi paling bawah. Jumlah Sheet dalam tiap workbook dalam ditambah atau dikurangi sesuai dengan kebutuhan. Tiap lembar kerja dalam buku kerja, terdiri dari 256 kolom dan 65536 baris.
Kolom diwakili oleh huruf, A, B, C,D ……, sedangkan baris diwakili oleh angka 1, 2, 3,…. Sampai 65536. perpotongan antara baris dan kolom disebut Cell. Cell diberi nama menurut posisi kolom dan baris pada lokasinya. Contohnya Cell C5 adalah perpotongan antara kolom C dan baris 5. Berikutnya adalah mengenali fitur-fitur menu yang terdapat dalam buku kerja.
Pekerjaan dasar yang perlu di pelajari berikutnya adalah:
1. Membuat Buku Kerja Baru dengan cara :
Klik Menu File  New

2. Menyimpan Buku Kerja dengan cara :
Klik Menu File  Save dari kotak dialog Save As yang tampil beri nama file yang akan disimpan kemudian klik tombol Save

3. Membuka Buku Kerja Yang Pernah di Simpan dengan cara :
Klik Menu File  Open dari kotak dialog Open yang tampil cari file di direktori penyimpanan kemudian klik tombol Open

4. Menutup Buku Kerja dengan cara :
Klik Menu File  Close, maka lembar kerja akan tertutup.

5. Keluar dari Lembar Sebar dengan cara :
Klik Menu File  Exit, maka lembar sebar akan tertutup.


3.4. Tugas Kegiatan Belajar 2
Carilah artikel yang berhubungan dengan komputer kemudian simpan ke sebuah disket dengan nama artikel komputer. Kemudian buka di labkomputer, setelah terbuka tutup buku kerja kerja kemudian tutup lembar sebar.




3.5. Test Formatif Kegiatan Belajar 2
3.5.1. Teori
1. Cara Membuat lembar kerja baru dengan cepat menggunakan ………….
A. Ctrl + N
B. Ctrl + S
C. Ctrl + O
D. Ctrl + P
E. Ctrl + V

2. Jumlah lembar kerja dalam buku kerja terdiri dari . . . .
A. 256 kolom dan 65536 baris
B. 256 kolom dan 65789 baris
C. 65536 kolom dan 256 baris
D. 67890 baris + 345 kolom
E. 345 kolom dan 65545 baris

3. Untuk menutup lembar sebar digunakan perintah ……
A. File  Exit
B. File  Close
C. File  Print
D. File  Open
E. File  New

4.

Gambar diatas dalam lembar sebar di sebut …….
A. Menu Bar
B. Title Bar
C. Toolbars
D. Cell Pointer
E. Scroll Bar

5. Simbol disamping disebut dengan ……..
A. Tombol Minimize
B. Tombol Maximize
C. Tombol Restore
D. Tombol Close
E. Tombol Close Window


3.5.2. Praktek
Buka sembarang dokumen yang ada di hardisk komputer, setelah terbuka tutup buku kerja kerja kemudian tutup lembar sebar, dengan menggunakan sistem operasi windows.










4.1. Tujuan
Setelah menyelesaikan kegiatan belajar ini, peserta didik dapat :
1) Melakukan editing sederhana seperti mengetik huruf/kata/kalimat, memformat huruf/font, text alignment, format data (text, date dan number) dan presisi (tanda ribuan dan pecahan).
2) Menentukan lebar kolom, menentukan tinggi baris, membuat garis (border) dan arsiran atau warna (shading)
3) Melakukan perintah copy, cut dan paste yang diaplikasikan dengan berbagai pilihan seperti isi (value), format, dll.
4) Melakukan operasi formula dan fungsi seperti +, -, * ,/,sum,avg.

4.2. Melakukan Editing Sederhana, Kolom dan Baris

4.2.1. Mengenal penunjuk sel lembar sebar (Cell Pointer)


Tombol Keterangan
←↑→↓ Pindah satu sel ke kiri, kanan, atas atau bawah
Enter Pindah satu sel ke bawah
Home Pindah ke kolom A pada posisi baris yang aktif
Ctrl + Home Pindah ke sel A1 pada lembar kerja yang aktif
Ctrl + End Pindah ke posisi sel terakhir yang sedang digunakan
PgUp Pindah satu layer ke atas
PgDn Pindah satu layer ke bawah
Alt + PgUp Pindah satu layer ke kiri
Alt + PgDn Pindah satu layer ke kanan
Ctrl + PgUp Pindah dari satu tab lembar kerja ke tab lembar kerja berikutnya
Ctrl + PgDn Pindah dari satu tab lembar kerja ke tab lembar kerja sebelumnya

4.2.2. Editing Buku Kerja
Setiap lembar sebar, termasuk Microsoft excel, pertemuan antara kolom dan baris disebut dengan CELL.
Contoh : E5 artinya pertemuan antara kolom E dan baris ke-5. Sedangkan RANGE adalah daerah tertentu ( kumpulan dari beberapa cell ). Contoh : A3:G3 (dibaca A3 sampai G3).
Sekarang kita akan belajar memasukkan data – data ke dalam worksheet. Sebagai contoh kita akan memasukkan data singkat dibawah ini :

Contoh Data yang akan dimasukan
No Nama Umur
1 Nia Kurniati 21
2 Nanda A 20

Langkah-langkah Memasukkan Data
1. Aktifkan program lembar sebar
2. Letakkan pointer di A1, ketik No, tekan enter
3. Penekanan enter akan membuat No melompat ke dalam worksheet (dalam contoh ini ke A1), dan pointer langsung lompat ke baris berikutnya, dalam contoh ini ke A2. Langsung ketik angka 1
4. Bawa pointer ke B1 dengan anak panah kanan, ketik Nama, tekan enter
5. Setelah di enter, pointer lompat ke B2, ketik Nia Kurniati enter
6. Bawa pointer ke C1 dengan anak panah kanan, ketik Umur enter
7. Pointer lompat ke C2, ketik 21 enter
8. dst.
Gambar 4.1. Tampilan Hasil Masukan Data
4.2.3. Mengubah isi data cell
Misalkan isi cell B2 yang berisi Nia Kurniati akan diedit menjadi Nia Kurniaty:
1) Pindahkan pointer ke cell B2
2) Tekan tombol F2.
3) Maka kursor akan berada pada cell tersebut
4) Sekarang ganti i dengan y
5) Setelah selesai tekan enter.
4.2.4. Menghapus Data
Cara untuk menghapus data yaitu :
1) Pindahkan pointer ke cell yang isinya akan dihapus.
(Untuk memindah pointer selain menggunakan tombol di keyboard, kita dapat juga mengklik langsung cell yang bersangkutan dengan cara arahkan mouse pointer ke cell yang akan dihapus kemudian klik tombol kiri mouse).
2) Kemudian tekan tombol delete atau del
3) Maka isi cell akan terhapus.
4.2.5. Mengeblok Data
Salah satu cara untuk memperbaiki tampilan data adalah dengan mengeblok terlebih dahulu data yang akan diubah formatnya, misalnya ingin menebalkan, menambah garis bawah, mengcopy, memindah dan lain-lain.
Mengeblok data dapat dilakukan dengan berbagai cara :

4.2.5.1 Mengeblok data dengan tombol Shift
Perintah Fungsi
Tekan Shift (jangan dilepas) lalu tekan → Mengeblok Satu sel di sebelah kanan pointer
Tekan Shift (jangan dilepas) lalu tekan ← Mengeblok Satu sel di sebelah kiri pointer
Tekan Shift (jangan dilepas) lalu tekan ↑ Mengeblok Satu sel di sebelah atas pointer
Tekan Shift (jangan dilepas) lalu tekan ↓ Mengeblok Satu sel di sebelah bawah pointer
Tekan Shift + Page Down Mengeblok 1 kolom perlayar ke bawah
Tekan Shift + Page Up Mengeblok 1 kolom perlayar ke atas

4.2.5.2. Mengeblok Data dengan tombol Mouse

1) Letakan tanda mouse diawal blok misal cell B2
2) Drag (tekan tombol kiri mouse dan jangan dilepas) ke bawah sampai baris blok terakhir misal cell E8

Gambar 4.2a. Mengeblok data dengan Mouse
4.2.5.3. Mengeblok Seluruh lembar kerja
1) Letakan tanda mouse di pojok kiri atas (di kiri kolom A, diatas baris 1) sampai muncul tanda
2) Klik 1 x (jika seluruh daerah di lembar kerja tersebut diblok maka yang terblok adalah A1 sampai dengan IV65536

Gambar 4.2b. Mengeblok Seluruh Lembar Kerja
Gambar 4.2. Mengeblok Data

4.2.6. Mengatur format tampilan huruf
1) Tempatkan pointer pada sel atau blok range yang isinya yang akan dibentuk
2) Klik menu Format
3) Klik submenu Cell (Ctrl + 1)
4) Tampil: Dialog box format cell



Gambar 4.3. Kotak dialog fomat cells font
5) Klik tab Font
6) Pada tombol drop_down Font, pilih dan Klik jenis bentuk huruf yang diinginkan
7) Pada tombol drop_down Font Style, pilih dan klik gaya tampilan huruf yang diinginkan
8) Pada tombol drop_down Size, pilih dan klik ukuran huruf yang diinginkan
9) Pada tombol drop_down Underline, pilih dan klik bentuk garis bawah yang diinginkan
10) Pada tombol drop_down Color, pilih dan klik box warna huruf yang diinginkan
11) Pada option Effect, pilih dan klik box efek pencetakan yang diinginkan
12) Klik tombol OK


4.2.7. Meratakan tampilan data
Untuk meratakan tampilan data ada dua cara :

Cara pertama:
1) Tempatkan pointer pada sel atau blok range yang masing-masing isinya akan diubah perataannya.
2) Klik salah satu icon Align Left (rata kiri sel) – icon Center (rata tengah) – icon Right (rata kanan sel) pada toolbar formatting

Cara kedua:

1) Tempatkan pointer pada sel atau blok range yang masing-masing isinya akan diubah perataannya.
2) Klik menu Format
4) Klik submenu Cell (Ctrl + 1)
5) Tampil: Dialog box format cell




Gambar 4.4. Kotak dialog Format Cells Alignment


6) Klik tab Alignment
7) Pada Text alignment pilih jenis perataan text baik dibagian Horizontal maupun Vertical.
8) Pada Orientation pilih format tampilan text yang dikehendak (maximal 90 degrees dan minimal -90 degrees).
9) Pada Text control pilih format yang sesuai (Wrap text untuk menampilkan text sesuai dengan lebar kolom, Shrink to fit untuk untuk menyesuaikan ukuran text sesuai dengan lebar kolom, Merge cell untuk menggabungkan beberapa baris maupun kolom)
10) Klik Tombol OK



4.2.8. Memformat data

4.2.8.1. Memformat Data Tanggal (Date)
Terdapat dua cara mengetik data tanggal yaitu :
1) Ketik = DATE (Tahun, Bulan, Tanggal), contoh : 27 April 2005 diketik= DATE(2005,4,27)
2) Ketik Bulan/Tanggal/Tahun atau Bulan-Tanggal-Tahun, contoh : 27 April 2005 diketik 27/4/2005

Data tanggal yang diketik dengan format Bulan/Tanggal/Tahun misalnya 27/4/2005 bisa dirubah dengan tampilan tertentu seperti 27-April-2005, 27 April 2005 dan lain-lain dengan cara:
1) Blok Range yang isinya akan dirubah
2) Klik menu Format
3) Klik Cell
4) Klik tab Number
5) Klik Date
6) Pada kotak Type, Pilih 14-Mar-01
7) Klik OK
Gambar 4.5. Kotak dialog Format Data Tanggal
4.2.8.2 Memformat Tampilan Angka (Number)
Data yang kita ketik kadang perlu diubah tampilannya, misalnya dari angka 5000 menjadi 5,000.00. Cara mengubah tampilan angka adalah sebagai berikut :
1) Blok Range yang isinya akan dirubah
2) Klik menu Format
3) Klik Cell
4) Klik tab Number
5) Pada kotak Category, Klik Number
6) Pada kotak Decimal places ketik 2
7) Klik Use 1000 Separator (,) untuk menampilkan koma sebagai pemisah ribuan
8) Pada kotak Negative numbers pilih format yang sesuai
9) Klik OK
Cara menampilkan Simbol Rp. di depan angka misalnya Rp. 100.000,00.
1) Blok Range yang akan dirubah
2) Klik menu Format
3) Klik Cell
4) Klik tab Number
5) Pada Category, klik Accounting
6) Pada kotak Symbol, pilih Rp. Indonesian
7) Klik OK
4.2.9. Mengubah Lebar Kolom dan Tinggi Baris
Cara mengubah lebar kolom :
1) Letakan tanda mouse di salah satu batas kolom misalnya kolom A dan kolom B sampai muncul
2) Drag ke kanan (Width:15.00) untuk melebarkan kolom A




Atau dengan cara merubah lebar kolom menggunakan menu:
1) Blok kolom yang akan dirubah
2) Klik menu Format
3) Pilih Column
4) Klik Width….
5) Pada kotak Column Width, ketik misal 20
6) Klik OK






4.2.10. Mengubah Tinggi Baris
Cara mengubah tinggi baris:
1) Letakan tanda mouse di salah satu batas baris misalnya baris 1 dan baris 2 sampai muncul
2) Drag ke bawah (Height:15.00) untuk melebarkan baris 1



Atau dengan cara merubah tinggi baris menggunakan menu:
1) Blok baris yang akan dirubah
2) Klik menu Format
3) Pilih Row
4) Klik Height...
5) Pada kotak Row Height, ketik misal 20
6) Klik OK

4.2.11.Membuat garis (border) dan Arsiran/Warna (Shading)
4.2.11.1 Membuat garis pembatas atau bingkai :
1) Tempatkan pointer pada sel atau blok range yang akan diberi garis pembatas atau bingkai
2) Klik menu format
3) klik submenu Cells (Ctrl + 1)
4) Klik tab Border

Gambar 4.10 Kotak dialog Format Cells Border

5) Pada option Presets, pilih dan klik salah satu box :
• None, digunakan untuk menghapus seluruh garis pembatasan dan bingkai
• Outline, digunakan untuk membuat bingkai di sekeliling sel atau range
• Inside, digunakan untuk menempatkan garis di bagian dalam range
6) Pada option Border, pilih dan Klik garis pembatas yang diinginkan
7) Pada Line Style, pilih jenis garis yang diinginkan
8) Pada tombol drop_down Color, pilih dan Klik warna garis yang diinginkan
9) Klik tombol OK

4.2.11.2 Membuat Arsiran atau warna
1) Tempatkan pointer pada sel atau blok range yang akan diberi arsiran atau warna
2) Klik menu format
3) klik submenu Cells (Ctrl + 1)








Gambar 4.11. Kotak dialog format cells Patterns
4) Klik tab Patterns
5) Pada option Cell shading, pilih warna yang sesuai
6) Pada option Pattern pilih jenis pola yang sesuai (dikotak Sample tampil sesuai dengan Patterns yang dipilih)
7) Klik OK

4.2.12. Menyalin, menempel dan memindah data
4.2.12.1. Menyalin dan Menempel Data
Misalkan isi cell B2 akan disalin ke cell E2:
1) Pindahkan pointer ke cell B2
2) Klik menu edit, pilih copy (Ctrl + C) atau klik di toolbars standard.
3) Pindahkan pointer ke cell E2.
4) Klik menu edit, pilih paste (Ctrl + V) atau klik di toolbars standard
4.2.12.2. Memindahkan Data
Misalkan isi cell B2 akan dipindahkan ke cell E2:
1) Pindahkan pointer ke cell B2
2) Klik menu edit, pilih cut (Ctrl + X). atau klik di toolbars standard
3) Pindahkan pointer ke cell E2.
4) Klik menu edit, pilih paste (Ctrl + V) atau klik di toolbars standard

4.2.13. Membuat Angka Urut
Di dalam pengetikan angka urut misalnya 1 sampai dengan 10, sering kita mengetik angka-angka tersebut secara manual. Hal semacam ini kurang efektif karena membutuhkan waktu yang lama dan kemungkinan akan terjadi kesalahan ketik.
Cara membuat angka urut secara cepat yaitu :
1) Klik cell A1
2) Ketik angka 1 (tekan enter 1x)
3) Ketik angka 2 (tekan enter 1x)
4) Blok cell A1 sampai cell A2
5) Letakan pointer di Fill handle (pojok kanan bawah) sampai muncul tanda +
6) Drag ke bawah sampai baris ke 10















Gambar 4.12 Membuat Angka Urut

4.2.14. Menggunakan rumus dan fungsi
4.2.14.1. Menggunakan Rumus
Rumus merupakan instruksi metematika yang dimasukkan ke suatu cell pada lembar kerja. Rumus akan membawa instruksi untuk melakukan proses perhitungan tertentu.
Lembar sebar dapat melakukan proses perhitungan dengan menggunakan operator hitung sebagai berikut :

Tombol Nama Tombol Keterangan Fungsi
+ Tanda plus Penjumlahan
- Tanda minus Pengurangan
* Tanda asterisk Perkalian
/ Tanda solidus atau slash Pembagian
^ Tanda circumflex accent Perpangkatan
Proses perhitungan akan dilakukan sesuai dengan derajat urutan operator sebagai berikut:
Proses Pertama ^
Proses Kedua * atau /
Proses Ketiga + atau –
Rumus yang diapit dengan tanda kurung () akan diproses terlebih dahulu. Menulis Rumus selalu diawali dengan lambang sama dengan (=) .
Setiap penulisan rumus diawali dengan tanda ’sama dengan’ (=) diakhiri dengan menekan Enter
Contoh :

Pada contoh di atas, Cell D1 merupakan hasil penjumlahan dari cell A1 dan C1 dengan menggunakan rumus penjumlahan:
= A1 + C1
Demikian juga untuk cell D2, D3 dst

4.2.14.2. Mengunakan Fungsi
Ada beberapa fungsi yang sering di gunakan pada saat bekerja dengan lembar sebar, yaitu
COUNT : Menghitung banyak data dalam suatu range
AVERAGE : Menghitung nilai rata – rata data dalam suatu range
MAX : Menghitung nilai tertinggi data dalam suatu range
SUM : Menghitung penjumlahan data dalam suatu range
MIN : Menghitung nilai terendah data dalam suatu range
ROUND : Membulatkan data


Contoh:

Nilai total ialah jumlah harga keseluruhan dari barang-barang tersebut. Untuk itu digunakan fungsi SUM. Dengan rumus =SUM(F2:F9)
4.3. Rangkuman Kegiatan Belajar 3
Melakukan editing sederhana, kolom dan baris meliputi:
Melakukan Format Huruf (Font) dengan cara :
Klik menu Format  Cell  Font , pilih berbagai format yang ada mulai dari jenis huruf, style, size, color, dll.
Melakukan Perataan Text (Alignment) dengan cara :
Klik menu Format  Cell  Alignment , pilih berbagai format yang ada mulai dari text alignment, text control, orientation, dll..
Memformat data (date dan number) dengan cara :
Klik menu Format  Cell  Number  Date , pilih type jenis tanggal yang diinginkan.
Memformat Presisi (ribuan dan pecahan) dengan cara :
Klik menu Format  Cell  Number  Number , pilih jenis format yang sesuai mulai dari decimal places, use 1000 separator (,), negative number, dll. .
Melebarkan Kolom dengan cara :
Klik menu Format  Column  width , dari kotak dialog Column Width yang ada ketikan lebar kolom yang diinginkan.
Meninggikan Baris dengan cara :
Klik menu Format  Row  height, dari kotak dialog Row Height yang ada ketikan tinggi baris yang diinginkan.
Membuat Garis (Border) dengan cara :
Klik menu Format  Cells  Border, pilih format border yang sesuai.
Membuat Arsiran atau warna (Shading) dengan cara :
Klik menu Format  Cells  Patterns, pilih format shading yang sesuai.
Menyalin dan menempel data dengan cara :
Blok Range yang akan disalin, Klik menu Edit  Copy.
Arahkan mouse pointer ke area penampungan hasil copy, Klik menu Edit  Paste.
Memindah data dengan cara :
Blok Range yang akan disalin, Klik menu Edit  Cut.
Arahkan mouse pointer ke area pindahan, Klik menu Edit  Paste.
4.4. Tugas Kegiatan Belajar 3
Buatlah tabel dibawah ini dan simpan di disket dengan nama TgsKKPI-5.







4.5. Test Formatif
4.5.1. Teori
1. Untuk mengatur format tampilan huruf dengan meng-klik menu format memilih cell kemudian memilih Tab….
A. Font
B. Alignment
C. Border
D. Number
E. Pattern

2. Untuk meratakan tampilan data rata tengah digunakan jenis format perataan ..............
A. Center
B. Right
C. Left
D. Justify
E. Merge

3. Dengan meng-klik menu Format - Row - Height digunakan untuk …………….
A. Meninggikan baris
B. Melebarkan baris
C. Meninggikan kolom
D. Melebarkan kolom
E. Tidak ada pengaruh
4. Untuk memindah data dengan meng-klik menu edit kemudian pilih ................
A. Cut
B. Copy
C. Paste
D. Paste Spesial
E. Select All

5. Perintah Format - Cell - Patterns-Shading digunakan untuk membuat ………….
A. Arsiran
B. Garis
C. Number
D. Mengatur Huruf
E. Perataan Huruf

6. Memberi simbol Rp. Pada lembar kerja yang menyatakan nilai uang dengan memilih menu format - cell - number dari kotak dialog yang tampil memilih tab …………
A. Accounting
B. Number
C. Date
D. Time
E. Percentage

7. Untuk menampilkan text sesuai dengan lebar kolom dengan mengaktifkan fungsi text control ….
A. wrap text
B. Shrink to fit
C. Merge cells
D. Center across selection
E. Orientation

8. Untuk mengatur format perataan text dengan memilih menu Format - Cell dari kotak dialog yang muncul milih tab ……………
A. Alignment
B. Font
C. Number
D. Pattern
E. Border

9. ^ (circumflex accent) dalam proses rumus perhitungan digunakan untuk ………….
A. Perpangkatan
B. Pembagian
C. Pengurangan
D. Penjumlahan
E. Perkalian

10. Untuk menghitung data dalam satu Range digunakan fungsi ……………………
A. Count
B. Sum
C. Average
D. Max
E. Round



4.5.2. Praktek














Dari Tabel diatas carilah jumlah maximum, jumlah minimum dan rata-rata dari kolom F (jumlah).


5.1. Tujuan Pemelajaran
Setelah menyelesaikan kegiatan belajar ini, peserta didik dapat :
1) Melakukan pencetakan dokumen dengan parameter standar seperti: seluruhnya, halaman tertentu saja, halaman yang sedang diedit, urutan halaman pencetakan.
2) Melakukan setup pencetakan dokumen seperti setup, printer setup, print preview.

5.2. Mencetak Buku Kerja
5.2.1. Mengubah ukuran kertas
1) Klik menu file
2) Klik page setup
3) Maka akan keluar kotak dialog page setup seperti gambar dibawah ini:
Klik kotak paper size kemudian pilihlah ukuran kertas yang dikehendaki
4) Klik ok

Gambar 5.1. Kotak dialog Page Setup

5.2.2. Menentukan Area Pencetakan
Setelah melakukan editing terhadap dokumen langkah berikutnya ada menentukan area yang akan di cetak ke printer, dengan cara berikut :
1) Blok Range yang mau di cetak
2) Klik menu File
3) Pilih Print Area
4) Klik Set print area
Range yang di blok akan dikelilingi garis putus-putus. Untuk melihat tampilan print area dengan cara :
1) Klik menu File
2) Klik Print Preview


5.2.3. Mencetak Dokumen
1) Buka dokumen yang akan dicetak
2) Hidupkan printer dan masukkan kertas
3) Klik menu File pilih Print (Ctrp + P)











Gambar 5.3. Kotak dialog Print

4) Maka akan keluar kotak dialog Print
5) Pada kotak Name, pilih nama printer yang digunakan.
6) Tombol Properties , untuk menentukan posisi kertas hasil pencetakan. Lembar sebar menyediakan dua buah arah pencetakan yaitu Portrait pencetakan dengan arah kertas tegak (vertical) dan Landscape pencetakan dengan arah kertas tidur (horisontal)
7) Pilihan Print range :
All : mencetak semua halaman pada file
Page (s) From : to : : mencetak halaman tertentu
8) Option Print what ;
a) Selection : mencetak range yang di blok
b) Active sheet (s) : mencetak seluruh isi sheet aktif.
c) Entire Workbook : mencetak seluruh sheet dibuku kerja.
9) Copies
Number of copies : untuk menentukan jumlah copy halaman yang dicetak, misal pilih 2, maka setiap halaman akan dicetak masing-masing dua kali.
10) Tombol Preview, jika ditekan akan mempelihatkan posisi teks hasil cetakan
11) Jika pilihan sudah diatur sesuai keinginan, tekan OK, maka naskah yang ada di layar akan dicetak ke printer.

Untuk mencetak secara langsung tanpa menampilkan kotak dialog print dengan meng-klik pada toolbars standard.




5.3. Rangkuman Kegiatan Belajar 4
Setelah pembuatan lembar kerja selesai tahap berikutnya adalah melakukan pencetakan dokumen dengan menggunakan printer yang ada.
Sebelum dicetak ada beberapa langkah yang dilakukan yaitu:
 Merubah Ukuran Kertas dengan cara :
Klik menu File → Page Setup, di tab Page option Paper Size pilih jenis kertas yang diinginkan misal : A4.

 Menentukan Area Pencetakan dengan cara :
Blok Area Range yang mau di cetak, Klik menu File → Print Area → Set Print Area, akan tampil garis putus-putus mengelilingi Range yang di blok.

 Mencetak Dokumen dengan cara :
Klik menu File → Print, dari kotak dialog yang tampil pilih jenis printer yang digunakan, area pencetakan, jumlah pencetakan, dll.



5.4. Tugas Kegiatan Belajar 4
Buatlah Tabel dibawah, beri nama file print-kkpi5. Kemudian cetaklah tabel tersebut dengan posisi arah kertas tidur (Land scape), dengan ukuran kerta A4.




5.5. Test Formatif
5.5.1. Teori
1. Untuk merubah ukuran kertas menjadi A4 menggunakan perintah …………
A. Page Setup
B. Print Setup
C. Print Preview
D. Print Area
E. Clear Print Area

2. Untuk mencetak hanya range tertentu sesuai dengan yang diblok menggunakan perintah ……………..
A. Print Area
B. Print Setup
C. Print Preview
D. Clear Print Area
E. Print

3. Ctrl + P digunakan untuk perintah ……………..
A. Mencetak dokumen
B. Membuka dokumen
C. Menyimpan dokumen
D. Membuat dokumen
E. Menutup Lembar Sebar

4. Untuk menentukan hasil pencetakan dengan arah kertas tidur (horisontal) memilih …………….
A. Landscape
B. Portraid
C. Vertical
D. Horizontal
E. Properties

5. Untuk mencetak seluruh Sheet di Buku Kerja pada menu dialog printer option print what dengan memilih.......
A. Entire Workbook
B. Selection
C. Active Sheet (s)
D. List
E. Copies


5.5.2. Praktek

1. Ubahlah buku kerja dengan menggunakan jenis kerta A4.
2. Cetaklah dokumen dengan posisi arah kertas tidur (horizontal).
3. Lakukan pencetakan dengan Range Area A1 s.d E10

Tidak ada komentar:

Posting Komentar